Pages

5/20/2013

PERKEMBANGAN DAN PENGERTIAN GEOGRAFI


PERKEMBANGAN DAN PENGERTIAN GEOGRAFI




Geografi pertamakali dikemukakan oleh Erasthotenes dalam tulisannya berjudul “Geografika”.
Pada Abad pertengahan, Bernadus Veranus membagi geografi menjadi dua bagian dibawah ini:
a. Geografi Generalis, kajiannya meliputi fenomena : litosfer, Hidrosfer, Atmosfer, dan Bentuk Muka Bumi.
b. Geografi Spesialis, kajiannya meliputi masalah penduduk dan sosial.
Pada awal abad 2 masehi, muncul tokoh geografi yang bernama Claudius Ptolemaeus, beliau mengartikan geografi adalah suatu penyajian dari sebagian atau seluruhnya permukaan bumi melalui peta. Sumbangan yang paling berharga dari Claudius Ptolemaeus terhadap ilmu geografi, yakni usahanya untuk membuat peta yang dikenal dengan “Atlas Ptolemaeus”.
Dalam perkembangan selanjutnya, muncul dua pendangan dalam geografi, sebagai berikut:
a. Fisis Determinis, bahwa makhluk hidup dipengaruhi oleh hukum alam. Tokoh Penganutnya antara lain Ratzel, Huntington, dan Karl Richter.
b. Posibilis, bahwa manusia selain dipengaruhi oleh alam, juga berperan terhadap alam sesuai dengan perkembangan budayanya.
Pandangan beberapa tokoh tentang geografi
1. Ratzel (1844-1895), pandangannya yang terkenal yaitu “Labensraum” (Living Space). menurut Ratzel, negara adalah organisme hidup. Dalam proses perkembangannya, organisme hidup memerlukan makn, minum, dan ruang hidup. untuk memenuhi kebutuhan tersebu, dia akan mencari dan menguasai daerah sekitarnya, terutama wilayah yang lemah.
2. Huntington, memenadang geografi dengan lebih menekankan pada iklim sebagai penentu kehidupan. Dia mengemukakan bahwa penduduk pada zona sedang mengalami kemajuan yang sangat pesat. Sedangkan pada wilayah iklim tropis, iklim gurun dan kutub, perkembangannya sangat lambat.
3. Ferdinan Von Richtoffen (1838-1905), mengemukakan bahwa geografi adalah suatu studi tentang gejala dan sifat-sifat permukaan bumi serta penduduknya yang disusun berdasarkan letak dan mencoba menjelaskan interaksi antara gejala dan sifat-sifat itu.
4. Paul Vidal De La Blanche, mengemukakan bahwa geografi adalah suatu studi tentang kualitas negara-negara.
5. Richard Hartshorne, Geografi adalah suatu disiplin ilmu yang mencoba menggambarkan dan menginterpretasikan karakteristik variabel dari wilayah yang satu ke wilayah yang lain di permukaan bumi.
6. Preston E James, Geografi merupakan induk dari semua ilmu atau “Geography is the mother of all sciences”.

0 comments:

Post a Comment