Pages

4/28/2017

Cara Deklarasi Pointer Pada Konstanta C++

Cara Deklarasi Pointer Pada Konstanta C++

Cara Deklarasi Pointer Pada Konstanta C++ - Belajar C++

Apa itu Konstanta ?
Konstanta adalah suatu nilai yang sifatnya tetap tidak dapat diubah dan itu disebut sebagai Literal. Konstanta dapat berasal dari salah satu tipe data dasar dan dapat dibagi-bagi menjadi integrel Bilangan, Floating –Point bilangan, Karakter, String dan Nilai Boolean. Konstanta Bilangan. Konstanta diperlakukan seperti variabel biasa hanya saja nilai-nilai mereka tidak dapat diubah setelah definisi mereka.

Baca juga : Pengertian dan macam-macam pointerC++

Apa itu Pointer ?
Merupakan sebuah variabel yang berisi alamat dari variabel lain. Suatu pointer dimaksudkan untuk menunjukan ke suatu alamat memori sehingga alamat dari suatu variabel dapat diketahui dengan mudah. Terdapat dua macam operator pointer yang disediakan oleh Borland C++ yaitu Operator dereference ( & ) dan Operator reference ( * ).

Baca juga : cara deklarasi pointer pada c++

Cara Deklarasi Pointer Pada Konstanta
Suatu pointer dapat dideklarasikan secara konstanta atau secara tetap tidak dapat diubah. Untuk mendeklarasikan pointer secara konstanta dengan memberikan kata const didepan nama konstanta.
Bentuk penulisan:  
tipe_data * const nama_konstanta;

Contoh Pendeklarasian Pointer Konstanta
#include<stdio.h>
#include<conio.h>
#include<iostream.h>
void main( )
{
   char *const nama = "Borland C++";
   clrscr( );
   cout<<"Nama Program = "<<nama<<endl;
   nama = "Visual C++";
   cout<<"Nama Program = "<<nama<<endl;
   getch( );
}  
Pada program diatasakan menghasilkan kesalahan dan tidak dapat dijalankan, penyebabnya pada pernyataan nama = "Borland C++";. Karena variabel nama, merupakan pointer konstanta, yaitu tidak dapat diubah-ubah. Pesan Kesalahan Yang Tampil adalah:
  Cannot modify a const object 

0 comments:

Post a Comment