Pages

4/28/2017

Cara Deklarasi Pointer Pada String C++

Cara Deklarasi Pointer Pada String C++

Cara Deklarasi Pointer Pada String C++ - Belajar C++

Apa itu String ?
Perasi string selalui dijumpai di dalam bahasa pemrograman, dikarenakan hampir semua bahasa pemrograman, dikarenakan hampir semua bahasa pemrograman menggunakan manual inputnya adalah string, terutama pada pemrograman visualisasi. String adalah sederetan simbol yang tidak menentu panjangnya, yang dianggap sebagai panjang satu unit” (World Agreement Agenda O812). String dapat berupa angka, huruf, karakter khusus, maupun karakter Unicode.



Apa itu Pointer ?
Merupakan sebuah variabel yang berisi alamat dari variabel lain. Suatu pointer dimaksudkan untuk menunjukan ke suatu alamat memori sehingga alamat dari suatu variabel dapat diketahui dengan mudah. Terdapat dua macam operator pointer yang disediakan oleh Borland C++ yaitu Operator dereference ( & ) dan Operator reference ( * ).


Pointer pada string dapat anda lihat pada contoh program berikut:
Contoh Pointer pada String
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
main( )
{
   char band_metal[ ] = "SEPULTURA";
   char *band_punk = "RANCID";
   cout<<"Nama Band Metal = "<<band_metal<<endl;
   cout<<"Nama Band Punk = "<<band_punk;
   band_punk+=3; //menambah nilai penunjuk / pointer
   cout<<"Nama Band Metal = "<<band_metal<<endl;
   cout<<"Nama Band Punk = "<<band_punk;
   getche( );
}

Pada program diatas, terdapat perubahan nilai pointer band_punk , yang di tunjukkan oleh penambahan nilai pointer pada band_punk+=3, secara default, pembacaan dilakukan mulai dari pointer pertama, karena sudah terjadi penambahan dengan 3, maka pembacaan berpindah ke alamat ke.4, sehingga tercetak kata CID.

0 comments:

Post a Comment